Merawat Rambut Secara Alami

Jumat, 28 Desember 2012
Rambut adalah mahkota bagi wanita. Setiap wanita pasti ingin memiliki rambut yang indah dan sehat. Berikut adalah cara merawat rambut secara alami :

1. Rambut berminyak
Gunakan shampo dan condisioner yang ringan. Jangan sisir rambut terlalu sering. Kurangi juga memegang rambut terlalu sering karena akan membuat rambut menjadi kotor. Gunakan sisir yang tidak terlalu rapat, agar rambut tidak tertarik dengan keras.

2. Rambut kering dan rusak
Gunakan condisioner yang mengandung pelembab. Jangan sering mewarnai dan mengeriting rambut. Saat keramas, pijat perlahan dan gosok kulit kepala dengan lembut.

3. Rambut kombinasi (Kulit berminyak + Ujung Rambut Kering)
Gunakan shampo hanya di kulit kepala dan condisionernya di ujung rambut. Untuk menghindari ujung rambut bercabang, potong ujung rambut setiap 6 (Enam) minggu. Gunakan sisir yangg bergigi jarang dan jangan gunakan sisir yg berbentuk sikat.

4. Rambut rontok
Hindari menyisir dengan terlalu keras dan hindari terlalu sering mencuci rambut.

5. Rambut dengan ketombe
Gunakan sampo anti ketombe sesering mungkin dan hentikan apabila ketombe agak berkurang. Jangan menggaruk kulit kepala untuk menghindari terjadinya infeksi. Secepatnya konsultasi ke dokter apabila setelah penggunaan shampo anti ketombe dalam waktu 2(dua) minggu tidak ada perubahan yang berarti atau bahkan kulit kepala malah terasa sakit, gatal, atau meradang.

6. Rambut Kering
Buat condisioner dengan mencampurkan dua sendok makan mayonaise dan satu buah avokad. Aduklah merata hingga tekstur avokad terasa lembut. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang agak basah sambik memberikan pijitan ringan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk mempunyai rambut yang mengkilap dan menawan.

7. Rambut Yang Sulit Diatur
Buat condisioner dengan mencampurkan air perasan satu jeruk lemon, seperempat gelas zaitun dan 2 buah butir telur. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang basah serta kulit kepala. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Karena minyak zaitun akan membantu rambut jauh dari kusut dan mudah ditata. Vitamin dan nutrisi dari telur dan jeruk membuat rambut lebih bersinar dan sehat, serta merangsang pertumbuhan pada rambut. Gunakanlah maksimal 1 minggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan.

8. Konsumsi makanan bergizi
Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Vitamin B kompleks, misalnya, jika asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, juga tumbuh suburnya ketombe. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kekuatan akar rambut. Ingat akar rambut berperan dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Lewat akarlah, semua zat gizi diserap dan disalurkan ke rambut. Kurangnya zat besi juga berisiko menimbulkan kerontokan rambut. Zat belerang juga berperan dalam memberikan kilau pada rambut. Kandungan zat gizi ini dapat ditemukan pada ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan lemak berperan dalam menjaga kekuatan rambut, disamping kilau rambut.

9. Jauhkan dari matahari
Terik matahari dapat merusak rambut. Itulah mengapa, saat bepergian di tengah terik matahari, usahakan memakai topi atau payung. Usahakan rambut terlindungi dari sinar matahari.

10. Kenakan penutup kepala saat berenang
Saat berenang, kenakan penutup rambut setelah membasahi rambut seluruhnya. Selesai berenang cuci rambut untuk menghilangkan klorin yang menempel pada rambut. Jika mungkin kenakan kondisioner tanpa bilas sebelum masuk ke kolam.

11. Hati-hati saat mengeringkan 
Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut.



0 komentar:

Posting Komentar